PTI - Chapter 3

Nama: Lucky Dwi Caraka
NIM: 2212510321
No. Absen: 40
Mata Kuliah: Pengantar Teknologi Informasi (PTI) - 0722

Discovering Computer

(Alat, Aplikasi, Perangkat, dan Dampak Teknologi)

Chapter 3 - Komputer dan Perangkat Seluler

Jenis komputer dan perangkat seluler meliputi:

  1. Laptop, tablet, dan desktop
  2. Server dan terminal
  3. Smartphone, digital kamera, e-book pembaca, portabel dan pemutar media digital dan perangkat yang dapat dikenakan
  4. Perangkat permainan
  5. Komputer tertanam

Komputer seluler adalah perangkat pribadi komputer portabel yg dirancang agar pengguna dapat dengan mudah membawanya dari satu tempat ke tempat lain.

Komputer pribadi (PC) adalah komputer yang bergerak atau desktop yang dapat melakukan semua perangkat masuk, pemrosesan, perangkat keluar, dan aktivitas penyimpanan dengan sendirinya dan digunakan oleh satu orang di satu waktu.

Komputer Seluler dan Desktop:

  1. Laptop, juga disebut komputer notebook, komputer seluler yang tipis dan ringan dengan layar di tutupnya dan keyboard di dasarnya .
  2. Tablet adalah komputer seluler tipis dan lebih ringan yang memiliki layar sentuh.
  3. Komputer genggam adalah komputer yang cukup kecil untuk 1 genggaman tangan.
  4. Desktop atau komputer desktop adalah komputer pribadi komputer yang dirancang untuk berada di lokasi yang tidak bergerak, dimana semua komponennya dapat di letakkan diatas atau dibawah meja.

Server:

  1. Server adalah komputer yang didedikasikan untuk menyediakan satu atau lebih layanan ke komputer atau perangkat lain di jaringan
  2. Virtualisasi adalah praktik berbagi atau menggabungkan sumber daya komputasi, seperti server dan perangkat penyimpanan. Virtualisasi server menggunakan perangkat lunak untuk memungkinkan server fisik meniru perangkat keras dan kemampuan komputasi dari satu atau lebih server, yang dikenal sebagai virtual server.
  3. Ladang server adalah jaringan beberapa server bersama di satu lokasi
  4. Mainframe adalah server besar, mahal, dan kuat yang dapat menangani ratusan atau ribuan pengguna yang terhubung secara bersamaan.

Terminal:

  1. Terminal adalah komputer, biasanya dengan daya pemrosesan terbatas, yang memungkinkan pengguna mengirim data atau menerima informasi dari server, atau komputer induk.
  2. Thin client adalah terminal yang terlihat seperti desktop tetapi memiliki kemampuan dan komponen yang terbatas
  3. Sebagian besar toko ritel menggunakan terminal POS untuk mencatat pembelian, memproses kartu kredit atau debit, dan memperbarui inventaris.
  4. ATM (Anjungan Tunai Mandiri) adalah mesin ATM mandiri terminal layanan perbankan yang terhubung ke komputer host melalui jaringan.
  5. Kios swalayan adalah terminal berdiri sendiri yang biasanya memiliki layar sentuh untuk interaksi pengguna.


Super komputer

Super komputer adalah komputer tercepat, tercanggih dan paling mahal dan mampu memproses triliunan instruksi dalam satu detik.

Komputasi awan

Komputasi awan mengacu pada lingkungan yang menyediakan sumber daya dan layanan yang diakses melalui Internet.

Perangkat Seluler:

  1. Ponsel cerdas adalah ponsel berkemampuan Internet yang biasanya juga menyertakan kalender, buku alamat, kalkulator, buku catatan, game, browser, dan berbagai aplikasi lainnya, banyak smartphone memiliki layar sentuh. Selain keyboard di layar, beberapa memiliki keyboard mini built-in di bagian depan telepon atau keyboard yang dapat digeser masuk dan keluar dari di belakang telepon.
  2. Kamera digital adalah perangkat seluler yang memungkinkan pengguna untuk ambil foto dan simpan gambar yang difoto secara digital.
  3. Resolusi adalah jumlah horizontal piksel vertikal dalam tampilan.
  4. Pemutar media portabel adalah perangkat seluler tempat Anda dapat menyimpan, mengatur, dan memutar atau melihat media digital. Pemutar media digital atau pemutar media streaming adalah perangkat, biasanya digunakan di rumah, yang mengalirkan media digital dari komputer atau jaringan ke televisi, proyektor, atau perangkat hiburan lainnya.
  5. Pembaca e-book (kependekan dari pembaca buku elektronik), atau e-reader, adalah perangkat seluler yang digunakan terutama untuk membaca e-book dan publikasi digital lainnya. Perangkat yang dapat dikenakan adalah perangkat komputasi bergerak kecil yang dirancang untuk dipakai oleh konsumen.


Perangkat Game

Konsol game adalah perangkat komputasi seluler yang dirancang untuk video game pemain tunggal atau multipemain. Perangkat game genggam adalah perangkat seluler kecil yang berisi layar, speaker, kontrol, dan konsol game semuanya dalam satu unit. Pengontrol game mencakup gamepad, joystick dan roda atau analog, dan berbagai pengontrol gerak.


Komputer Tertanam

Komputer tertanam adalah komputer tujuan khusus yang berfungsi sebagai komponen dalam produk yang lebih besar.

Port dan Koneksi:

  1. Port adalah titik di mana perangkat periferal menempel atau berkomunikasi dengan komputer atau perangkat seluler, sehingga perangkat periferal dapat mengirim data atau menerima informasi dari komputer atau perangkat seluler.
  2. Konektor menghubungkan kabel ke port. Konektor di salah satu ujung kabel tersambung ke port di komputer atau perangkat seluler, dan konektor di ujung kabel lainnya tersambung ke port di perangkat periferal.
  3. Port USB, kependekan dari port universal serial bus, dapat menghubungkan hingga 127 perangkat periferal yang berbeda bersama-sama dengan satu konektor.  

Melindungi Perangkat Keras

Untuk membantu mengurangi kemungkinan pencurian, perusahaan dan sekolah menggunakan berbagai tindakan keamanan yaitu: 

  1. Kontrol akses fisik
  2. Sistem Alarm
  3. Perangkat keamanan fisik
  4. Aplikasi keamanan atau pelacakan perangkat
  5. Mengidentifikasi perangkat

Perangkat keras dapat gagal karena alasan : 
  1. penuaan perangkat keras
  2. kejadian tidak terduga seperti masalah tenaga listrik
  3. kesalahan dalam program atau aplikasi
  4. tegangan listrik yang kurang stabil
  5. tegangan listrik lebih atau lonjakan daya lebih

Pelindung lonjakan arus, juga disebut penekan lonjakan arus, menggunakan komponen listrik untuk menyediakan aliran arus yang stabil dan meminimalkan kemungkinan tegangan lebih mencapai komputer dan peralatan elektronik lainnya.

Power Supply (UPS) adalah perangkat yang berisi sirkuit perlindungan lonjakan arus dan lebih dari satu baterai yang dapat memberikan daya selama kehilangan arus sementara atau permanen.

Masalah Kesehatan Menggunakan Teknologi

  1. Cedera regangan berulang (RSI) adalah cedera atau gangguan pada otot, saraf, tendon, ligamen, dan sendi.
  2. Computer vision syndrome (CVS) adalah kondisi kesehatan terkait teknologi yang mempengaruhi penglihatan.
  3. Ergonomi adalah ilmu terapan yang ditujukan untuk menggabungkan kenyamanan, efisiensi, dan keamanan ke dalam desain barang di tempat kerja.
  4.  Kecanduan teknologi terjadi ketika teknologi menghabiskan seluruh kehidupan sosial seseorang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Pertemuan - 8 (Kisi-Kisi UTS)

PTI - Kisi Kisi UAS

PTI - Chapter 8

PTI - Chapter 2

PTI - Chapter 4

PTI - Chapter 9

PTI - Chapter 10

PTI - Chapter 11

PTI - Chapter 6