PTI - Chapter 11

Nama: Lucky Dwi Caraka
NIM: 2212510321
No. Absen: 40
Mata Kuliah: Pengantar Teknologi Informasi (PTI) - 0722

Discovering Computer

(Alat, Aplikasi, Perangkat, dan Dampak Teknologi)

Chapter 11 - Solusi Bangunan

Basis Data, Data, dan Informasi

  • Basis Data

Pengumpulan data yang diatur dengan cara yang memungkinkan akses, pengambilan, dan penggunaan data itu

  • Data

Koleksi item yang belum diproses:

  1. Teks
  2. Angka
  3. Gambar-gambar
  4. Audio
  5. Video
  • Informasi

Data yang diproses:

  1. Terorganisir
  2. Bermakna
  3. Berguna

  • Perangkat lunak basis data, sering disebut sistem manajemen basis data (DBMS), memungkinkan pengguna untuk:

  1. Buat database terkomputerisasi
  2. Tambah, ubah, dan hapus data
  3. Sortir dan ambil data
  4. Buat formulir dan laporan dari data

  • Data diatur dalam level
    • Karakter, catatan bidang, dan file

Sebuah karakter adalah satu byte

  • Angka, huruf, spasi, tanda baca, atau simbol lainnya

Bidang adalah kombinasi dari satu atau lebih karakter terkait:

  • Nama bidang
  • Ukuran bidang
  • Tipe data

Catatan adalah sekelompok bidang terkait

  • Kunci utama adalah bidang yang secara unik mengidentifikasi setiap catatan
  • File data adalah kumpulan catatan terkait
  • Pemeliharaan file mengacu pada prosedur yang menjaga data tetap terkini:
    • Menambahkan catatan,
    • memodifikasi catatan,
    • menghapus catatan
  • Validasi membandingkan data dengan seperangkat aturan atau nilai untuk mengetahui apakah data memenuhi kriteria tertentu


Sistem Pemrosesan File dan Basis Data

  • Sistem pemrosesan file:
    • Setiap departemen memiliki kumpulan file sendiri
    • Data redundan
    • Data terisolasi
  • Pendekatan basis data:
    • Program dan pengguna berbagi data
    • Mengurangi redundansi data
    • Peningkatan integritas data
    • Data bersama
    • Akses lebih mudah
    • Mengurangi waktu pengembangan
  • Kekurangan pendekatan database:
    • Bisa lebih kompleks daripada sistem pemrosesan file
    • Memerlukan lebih banyak memori dan kekuatan pemrosesan
    • Data bisa lebih rentan

  • Basis data web menawarkan informasi tentang:
    • Pekerjaan
    • perjalanan
    • tujuan
    • program televisi
    • foto
    • film
    • video
    • cuaca lokal dan nasional
    • acara olahraga
    • informasi legislatif

  • Model data mendefinisikan bagaimana pengguna melihat organisasi data
    • Basis data relasional
    • Database Berorientasi Objek (OODB)
    • Multidimensi dan tipe database lainnya


Sistem Manajemen Basis Data

  • Kamus data berisi data tentang setiap file dalam database dan setiap bidang dalam file tersebut
  • Sebuah DBMS menyediakan beberapa alat yang memungkinkan pengguna dan program untuk mengambil dan memelihara data dalam database
  • Sebuah query adalah permintaan untuk data tertentu dari database
  • Bahasa kueri terdiri dari pernyataan sederhana seperti bahasa Inggris yang memungkinkan pengguna menentukan data untuk ditampilkan, dicetak, disimpan, diperbarui, atau dihapus
  • Structured Query Language (SQL) adalah bahasa query populer yang memungkinkan pengguna untuk mengelola, memperbarui, dan mengambil data
  • Sebagian besar DBMS menyertakan query by example (QBE), fitur yang memiliki antarmuka pengguna grafis untuk membantu pengguna mengambil
  • Formulir adalah jendela pada layar yang menyediakan area untuk memasukkan atau mengubah data dalam database
  • Penulis laporan memungkinkan pengguna untuk mendesain laporan di layar, mengambil data ke dalam desain laporan, dan kemudian menampilkan atau mencetak laporan
  • DBMS menyediakan sarana untuk memastikan bahwa hanya pengguna yang berwenang yang mengakses data
    • Hak akses
  • Prinsip kebijakan dengan hak istimewa paling rendah
  • DMBS menyediakan berbagai teknik untuk memulihkan database ke bentuk yang dapat digunakan jika rusak atau hancur
    • Cadangan, 
    • log, 
    • utilitas pemulihan, 
    • pencadangan berkelanjutan

Pengembangan sistem

  • Sistem informasi adalah kumpulan perangkat keras, perangkat lunak, data, orang, dan prosedur yang bekerja sama untuk menghasilkan informasi
  • Pengembangan sistem adalah serangkaian kegiatan yang digunakan untuk membangun sistem informasi
  • Kegiatan pengembangan sistem dikelompokkan ke dalam fase, dan disebut siklus hidup pengembangan sistem (SDLC)
  • Pengembangan sistem harus mengikuti tiga pedoman umum:
    • Kelompokkan aktivitas ke dalam fase
    • Libatkan pengguna
    • Tentukan standar
  • Pengembangan sistem harus melibatkan perwakilan dari setiap departemen di mana sistem yang diusulkan akan digunakan
  • Seorang analis sistem bertanggung jawab untuk merancang dan mengembangkan sistem informasi
  • Manajemen proyek adalah proses perencanaan, penjadwalan, dan kemudian pengendalian aktivitas selama pengembangan sistem
  • Untuk merencanakan dan menjadwalkan proyek secara efisien, pemimpin proyek mengidentifikasi elemen-elemen berikut:
    • Cakupan
    • Kegiatan yang diperlukan
    • Perkiraan waktu untuk setiap aktivitas
    • Perkiraan biaya untuk setiap aktivitas
    • Urutan kegiatan
    • Kegiatan yang dapat dilakukan secara bersamaan
  • Alat populer yang digunakan untuk merencanakan dan menjadwalkan hubungan waktu antara kegiatan proyek adalah grafik Gantt dan PERT
  • Kelayakan adalah ukuran seberapa cocok pengembangan sistem bagi organisasi
    • Kelayakan operasional
    • Kelayakan jadwal
    • Kelayakan teknis
    • Kelayakan ekonomi
  • Dokumentasi adalah pengumpulan dan ringkasan data, informasi, dan hasil kerja
  • Memelihara dokumentasi terkini harus menjadi bagian berkelanjutan dari pengembangan sistem
  • Selama pengembangan sistem, anggota tim proyek mengumpulkan data dan informasi
    • Tinjau dokumentasi
    • Mengamati
    • Survei
    • Wawancara
    • Sesi JAD
    • Riset
  • Fase perencanaan proyek dimulai ketika komite pengarah menerima permintaan proyek, Empat kegiatan utama dilakukan:
    • Tinjau dan setujui permintaan proyek
    • Prioritaskan permintaan proyek
    • Alokasi sumber daya
    • Bentuk tim pengembangan proyek
  • Tahap analisis terdiri dari dua kegiatan utama:
    • Melakukan penyelidikan awal
      • Menentukan sifat yang tepat dari masalah atau perbaikan
      • Wawancara pengguna yang mengajukan permintaan
    • Lakukan analisis terperinci
      • Pelajari cara kerja sistem saat ini
      • Tentukan keinginan, kebutuhan, dan persyaratan pengguna
      • Rekomendasikan solusi
  • Usulan sistem menilai kelayakan setiap alternatif solusi
  • Komite pengarah membahas proposal sistem dan memutuskan alternatif mana yang akan diambil:
    • Ubah sistem yang ada
    • Beli perangkat lunak ritel
    • menggunakan aplikasi web
    • Bangun perangkat lunak khusus
    • outsourcing
  • Fase desain terdiri dari dua kegiatan utama
    • Dapatkan perangkat keras dan perangkat lunak
    • Kembangkan semua detail sistem informasi baru atau yang dimodifikasi
  • Untuk memperoleh perangkat keras dan perangkat lunak yang diperlukan:
    • Identifikasi spesifikasi teknis
    • Minta proposal vendor
    • Menguji dan mengevaluasi proposal vendor
    • Membuat sebuah keputusan
  • Langkah selanjutnya adalah mengembangkan spesifikasi desain detail:
    • Desain database
    • desain input dan output
    • desain program
  • Analis sistem biasanya mengembangkan dua jenis desain untuk setiap input dan output
  • Prototipe (bukti konsep) adalah model kerja dari fungsionalitas penting sistem yang diusulkan
  • Tujuan dari fase implementasi adalah untuk membangun sistem baru atau yang dimodifikasi dan kemudian mengirimkannya ke pengguna
  • Pelatihan melibatkan menunjukkan kepada pengguna dengan tepat bagaimana mereka akan menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak baru dalam sistem
    • Sesi satu lawan satu
    • Kuliah bergaya ruang kelas
    • Pelatihan berbasis web
  • Satu atau lebih dari empat strategi konversi dapat digunakan untuk mengubah dari sistem lama ke sistem baru
    • Konversi langsung
    • Konversi paralel
    • Konversi bertahap
    • Konversi percontohan


Bahasa dan Alat Pengembangan Aplikasi

  • Bahasa pemrograman adalah sekumpulan kata, singkatan, dan simbol yang memungkinkan pengembang perangkat lunak untuk mengomunikasikan instruksi ke komputer atau perangkat seluler
  • Alat pengembangan aplikasi menyediakan sarana untuk membuat, merancang, mengedit, menguji, dan mendistribusikan program dan aplikasi
  • Dalam bahasa prosedural, programmer menulis instruksi menggunakan kata-kata seperti bahasa Inggris yang memberi tahu komputer apa yang harus dicapai dan bagaimana melakukannya
  • Bahasa pemrograman C digunakan untuk menulis banyak program saat ini
  • Kompiler mengonversi seluruh program sumber ke bahasa mesin sebelum menjalankannya
  • Seorang juru bahasa menerjemahkan dan mengeksekusi satu instruksi pada satu waktu
  • Bahasa pemrograman berorientasi objek (OOP) memungkinkan pengembang sistem untuk mengimplementasikan objek dalam program
  • Keuntungan lainnya termasuk:
    • Objek dapat digunakan kembali
    • Pengembang membuat aplikasi lebih cepat
    • Sebagian besar alat pengembangan aplikasi berorientasi objek adalah IDE
  • Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Sun Microsystems
  • C++ adalah perpanjangan dari bahasa pemrograman C, Fitur tambahan untuk bekerja dengan objek
  • Visual Studio adalah rangkaian alat pengembangan aplikasi berorientasi objek Microsoft yang membantu pengembang perangkat lunak dalam membangun program dan aplikasi untuk Windows atau sistem operasi apa pun yang mendukung Microsoft .NET Framework
  • Sebuah 4GL (bahasa generasi keempat) adalah bahasa nonprosedural yang memungkinkan pengguna dan pengembang perangkat lunak untuk mengakses data dalam database. Salah satu 4GL yang populer adalah SQL
  • Bahasa pemrograman klasik meliputi:
    • Dasar
    • coboi
    • fortran
    • rpg
  • Generator aplikasi adalah program yang membuat kode sumber atau kode mesin dari spesifikasi fungsionalitas yang diperlukan. Sering dibundel sebagai bagian dari DBMS
  • Makro adalah serangkaian pernyataan yang menginstruksikan program atau aplikasi cara menyelesaikan tugas
  • Anda biasanya membuat makro dengan salah satu dari dua cara berikut:
    • Rekam makro
    • Tulis makro

  • HTML adalah bahasa pemformatan khusus yang digunakan pengembang perangkat lunak untuk memformat dokumen untuk ditampilkan di web
  • XML memungkinkan pengembang web untuk membuat tag yang menggambarkan struktur informasi
  • WML adalah subset dari XML dan digunakan untuk mendesain halaman khusus untuk browser mikro
  • Pengembang perangkat lunak menulis skrip, applet, servlet, atau kontrol ActiveX menggunakan berbagai bahasa



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Pertemuan - 8 (Kisi-Kisi UTS)

PTI - Kisi Kisi UAS

PTI - Chapter 8

PTI - Chapter 2

PTI - Chapter 3

PTI - Chapter 4

PTI - Chapter 9

PTI - Chapter 10

PTI - Chapter 6